CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 28 Desember 2008

latar belakang ICT

Pada awalnya ICT adalah terobosan sistem/cara yang digunakan oleh Negara yang maju. dalam sebuah seminar tentang Mutu Sekolah Bertaraf Internasional di Jakarta. Di tegaskan bahwa Negara kita telah tertinggal dengan Negara sebelah yaitu Singapore,dimana telah berupaya meningkatkan standar pendidikan lansung yang lebih tinggi dari standar yang di gunakan di indonesia, yaitu standar CAMBRIGE. Cambrige adalah sistem mutu standar pendidikan Intenasional yang digunakan oleh Negara-Negara ASIA temasuk Indonesia.
Pada surat kabar menyatakan bahwa Media Corp Singapura yaitu surat kabar ToDAY (www.todayonline.com) tentang SEKOLAH MASA DEPAN di SINGAPURA yang sudah pernah saya dengar dan ketahui sejak tahun 2005 melalui seorang pembicara tamu dari Singapura (Pak Chong) dengan informasinya tentang IDE CENTRE sebagai induk dari Technoprenership yang sedang berkembang saat itu.

SEKOLAH MASA DEPAN yang sedang digarap di Singapura, merupakan sekolah yang berbasis ICT (Information Communication and Technologi) secara riil. Artinya seorang pembelajar akan terfasilitasi kebutuhan belajarnya dengan sarana ICT yang ada, seperti halnya berkomunikasi langsung via internet dengan pakar sains biologi saat sang pembelajar berada di Kebun Binatang sambil secara aktif melaporkan aktivitas pengamatannya melalui note-book komputer yang ada di tangannya, sementara pembelajar yang berhalangan hadir mengikuti studi ekskursie di lapangan, dapat menggunakan fasilitas ICT sehingga seolah-oleh dirinya juga sedang berada di hutan atau kebun binatang sebagai "habitat" dari objek biologi yang dipelajari.
Read More…

0 komentar: